Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) memang merupakan tanggungjawab bersama semua pihak. Polri, TNI serta Manggala Agni menjadi garda terdepan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla.

Berdasarkan informasi dan pantauan melalui satelit Lapan titik hotspot terpantau di Kec. Pondidaha Kab. Konawe terdapat 4 titik api.
Dengan demikian maka untuk mengantisipasi kebakaran tersebut tidak hanya Poolri, TNI dan Manggala Agni yang berperan namun dengan masyarakat juga harus terlibat dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Kapolsek Pondidaha Ipda Ramlang, SH, MM, bersama anggotanya langsung berinisiatif mengambil langkah-langkah pemadaman dengan terjun langsung ke lokasi titik api sambil melakukan koordinasi dengan tim manggala agni bersama instansi terkait, Senin (02/9/2019).

Sekitar pukul 14.00 wita tim gabungan personel Polsek Pondidaha, Babinsa Kec. Pondidaha, Manggala Agni, BNPB Pemkab. Konawe dan segenap masyarakat setempat yang dipimpin oleh Kapolsek Pondidaha Ipda Ramlang, SH, MM mulai melakukan proses pemadaman api yang membakar lahan gambut milik masyarakat yang berada di Desa Amesiu dan Desa Tirawuta Kec. Pondidaha Kab. Konawe.

Tepat pukul 18.15 wita tim gabungan berhasil memadamkan titik api sebanyak 3 titik dengan luas sekitar ± 30 hekto are dengan menggunakan 1 unit mobil pemadam, pompa semprot dan ranting pohon serta alat seadanya.

Namun titik api ke 4 yang terjauh berada di Desa Tirawuta Kec. Pondidaha tidak berhasil dipadamkan berhubung lokasi titik api berada pada posisi ketinggian (gunung) dan cuaca sudah gelap / malam, sehingga pemadaman api sementara dihentikan namun tetap dilakukan pemantaun.
Kapolsek Pondidaha Ipda Ramlang, SH, MM, mengatakan “Apinya cukup besar dan kami sempat kesulitan memadamkan titik api dikarenakan lahan yang terbakar itu ialah lahan gambut serta terbatasnya alat pemadam,”katanya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp.

“Sumber api belum kami ketahui sehingga akan dilakukan penyelidikan. Namun Kami minta masyarakat bisa bekerjasama dengan Polisi untuk mencegah dampak kebakaran hutan maupun lahan yang merugikan banyak pihak,” Pungkasnya.

” Kami akan melanjutkan pengecekan dan pemadaman kembali pada esok hari. Karena dikhawatirkan api masih menyala,” Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here