Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Massa aksi dari DPD LSM LIRA Konawe dan Aliansi Suara Rakyat (Al-Surat), yang dipimpin oleh Korlap Sdr. Tasman, Hendryawan dan Agus Salim, dengan jumlah massa sekitar 10 orang melakukan orasi terkait penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK), fisik dan non fisik di depan Kantor Bupati Konawe, Selasa (10/3/2020) pukul 09.00 wita.

Massa aksi saat mendatangi Kantor Bupati Konawe menggunakan kendaraan R4 sebanyak 1 Unit, kendaraan R2 sebayak 3 unit, serta menggunakan alat peraga berupa Sound System sebanyak 1 Unit.

Selanjutnya melakukan orasi secara bergantian serta menyampaikan tuntutan terkait dugaan tindak pidana korupsi pada Dinas Kesehatan dan Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) Kab. Konawe tahun anggran 2018/2019.

Hal-hal yang disampaikan oleh salah satu orator yaitu mengenai pekerjaan fisik di tiga Puskesmas Kab. Konawe yaitu Puskesmas di Kec. Soropia, Puskesmas di Kec. Asinua dan Puskesmas Kec. Lalonggasumeeto, yang menggunakan dana DAK tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 33 Milyar, pekerjaan fisik yang sampai saat ini belum terselesaikan. Kemudian pembayaran jasa para karyawan BLUD Kab. Konawe yang belum dibayarkan.

Massa aksi diterima oleh Asiten III Pemda Kab. Konawe Hasim Karim, S.E., M.Si., namun massa aksi tidak mau menerima lalu massa aksi bergeser menuju Kantor Dinas Kesehatan Kab. Konawe kemudian melakukan orasi yang sama secara bergantian dan massa aksi di terima oleh Kabib P2M Dinkes Kab. Konawe Syamsul, S.KM., namun massa aksi tidak mau menerima.

Kasat Sabhara Polres Konawe AKP Tassakka mengatakan “Sekitar pukul 11.35 wita massa aksi membubarkan diri dengan tertib, sampai selesai menyampaikan tuntutannya situasi tetap aman dan kondusif,”katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here