Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Minggu (12/8/2018). Sekitar pukul 18.00 WITA, Unit reskrim Polsek Sampara menangkap tiga orang oknum pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terlibat dalam dugaan kasus pemerasan di depan Warkop kopi kita Kel.Bende Kec.Kadia kota Kendari.

“Ketiganya adalah pengurus di LSM jaringan pendamping kebijakan pembangunan yang terlibat dalam pemerasan terhadap Irmawati kepala desa Galu Kecamatan Anggalomoare Kab. Konawe” kata Kapolsek Sampara IPDA Noufaldri Widyatama, S.T.K.

Kronologis kasus penangkapan itu bermula saat LSM tersebut melayangkan surat laporan perihal dugaan penyelewengan dana desa terkait program pembuatan sumur bor di desa Galu Kec.Anggalomoare Kab.Konawe.

“Dalam laporan LSM yang ditujukan ke Polda Sultra itu, Kades Galu dianggap terlibat dalam penyelewengan anggaran tersebut. Agar laporan tersebut tidak di teruskan ke polda Sultra sang pelaku memberikan syarat kepada kades galu untuk menyerahkan uang sebesar Rp. 5.000.000,- yang akan diterimanya langsung di kendari.

Pada saat terjadi kesepakatan penyerahan uang, kades Galu kemudian melapor ke Polsek Sampara untuk meminta perlindungan hukum terkait adanya dugaan tindak pidana pemerasan terhadap dirinya.

Setelah kades Galu menyerahkan uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,- kepada pelaku, personil unit Reskrim Polsek Sampara yang dipimpin Kapolsek Sampara langsung mengamankan tersangka bersama barang bukti.

“Dari penangkapan ini, Kami mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp. 5.000.000,-, dua unit ponsel, beberapa ID card pers dan 1 buah dompet ” ujar Kapolsek Sampara IPDA Noufaldri Widyatama, S.T.K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here