Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id-Pemerintah Kab. Konawe menggelar rapat tentang pembahasan satatus Tanggap Darurat Bencana Banjir Kab. Konawe yang akan berakhir.

Rapat tersebut bertempat di di Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir Kab. Konawe Tahun 2019 di Kel. Inolobunggadue Kec. Unaaha Kab. Konawe bencana banjir, Selasa (2/7/2019).

Dalam rapat ini dibahas tentang daerah yang terendam yang terdiri dari 151 Desa dan 29 Kelurahan yang ada di 25 Kecamatan, banjir ini diakibatkan oleh luapan air sungai Konaweeha, Sungai Lahambuti dan Rawa Aopa.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menjelaskan, saat ini ada 1.121 jiwa dari 313 kepala keluarga (kk) tersebar di 11 kecamatan masih mengungsi. Bahkan saat ini sejumlah wilayah masih terendam air dengan ketinggian 60 centi meter.
“Untuk wilayah yang masih terendam itu ada di Kecamatan Pondidaha, berdasarkan laporan yang masuk, masih ada 7 Desa di sana yang airnya belum surut,” kata Gusli usai rapat di posko utama tanggap darurat bencana, Selasa (2/7/2019) sore.


Untuk penanganan pengungsi pasca dicabutnya status tanggap darurat bencana, Gusli mengaku jika proses pendistribusian bantuan logistik dan hal-hal lainnya tetap dikendalikan pemerintah daerah yang dibantu TNI-Polri dan Bulog Konawe.


Saat ini, pihaknya masih tetap membuka dapur umum yang dikoordinir oleh Dinas Sosial (Dinsos) Konawe, untuk para korban banjir yang ada di Kecamatan Pondidaha.
“Kita juga sudah akan segera membuat jadwal, jadi masing-masing dinas bertanggungjawab untuk setiap harinya dan ini sifatnya bergiliran,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Wakapolres Konawe mengatakan “ Berdasarkan situasi dan kondisi dilapangan bahwa massa Tanggap Darurat Siaga Bencana Banjir Kab. Konawe berakhir pada hari Selasa tanggal 2 Juli 2019 pukul 24.00 wita dan dilanjutkan massa Transisi selama 90 hari kedepan terhitung mulai hari Rabu tanggal 3 Juli 2019,”kata Kompol Jajang Kiswara, A.Md.
Kegiatan rapat tersebut di pimpin oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, S.T.,M.M, dan dihadiri oleh Sekda Kab. Konawe Ferdinan, S.P., M.H, Waka Polres Konawe Kompol Jajang Kiswara, A.Md, Kalaksa BPBD Kab. Konawe Ameruddin, S.Sos, M.Si, Pabung Kodim 1417 Kdi Mayor Inf. Petrus Hakaya, Danramil Wawotobi Kapten Inf. Salmar Gona, para Camat se Kab. Konawe serta OPD lingkup Pemda Kab. Konawe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here