Tribratanews.konawe.sultra.polri.go.id – Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun 2019 kini sudah dekat yang akan jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019/1440 Hijriah.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan shalat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idulfitri.

Setelah selesai shalat dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Dalam menyambut Hari Raya tersebut, bagi umat muslim selalu menyiapkan hewan kurban seperti sapi, kambing yang disembebeli stelah selesai shalat Idul Adha kemudian diberikan kepada sesama yang kurang mampu.

Dengan demikian untuk mencegah penyakit Zoonosis pada hewan ternak yang akan dijadikan sebagai kurban maka Kasat Binmas Kepolisian Resor Konawe melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan Kab. Konawe.

Dalam koordinasi itu Kasat Binmas Polres Konawe Iptu H. Sampara menghimbau kepada Kepala Dinas Peternakan Kab. Konawe agar menurunkan tim dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan kurban yang sudah tersedia di Kab. Konaewe.

Kadis Peternakan Kab. Konawe dalam kesempatan itu mengemukakan bahwa stafnya mulai hari ini Senin (5/8/2019) sudah melakukan pendataan dimana hewan kurban ditempatkan dan berapa jumlah yang sudah tersedia setelah itu akan dilakukan pemeriksaan,” ungkap Jumrin S.Pt.

Jumrin S.Pt menjelaskan lagi tentang penyakit Zoonosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh organisme infeksius seperti virus, bakteri, dan parasit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia, atau sebaliknya. Flu burung, adalah satu dari sekian penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here